37 CJH Asal Tuban Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci

37 CJH Asal Tuban Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci
CJH Tuban saat manasik haji
Posted by:
kotatuban.com – Sebanyak 37 orang calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Tuban dapat dipastikan gagal berangkat ke tanah suci pada tahun 2017 ini. Kegagalan sejumlah CJH menjalankan rukun islam kelima tersebut dengan berbagai alasan, diantara meninggal dunia, sakit, dan berbagai alasan lainnya.
“Yang gagal atau tidak jadi berangkat ini dikarenakan beberapa alasan, hingga mereka CJH tidak bisa ketanah suci pada tahun ini.  ada yang telah meninggal dunia otomatis mereka gagal berangkat, dan ada yang menunda karena sakit dan alasan lainnya,” terang Plt Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Siti Maulidiyah, Sabtu (06/05).
Menurutnya, kepastian tidak jadinya sejumlah CJH berangkat ke tanah suci tersebut diketahui setelah pihak Kemenag mendapatkan informasi dari pihak keluarga maupun dari CJH secara langsung, saat proses pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Jumat (05/05) kemarin.
”Proses pelunasan BPIH ini terakhir kemarin, ditengah proses pelunasan ini ada beberapa pihak keluarga maupun CJH sendiri yang mengkonfirmasikan menunda atau tidak jadi berangkat ibadah haji pada tahun ini,” ungkapnya.
Menurutnya, untuk CJH Kabupaten Tuban yang sudah melunasi pembayaran ada 849 CJH dari kuota  Kabupaten Tuban sebanyak 891 orang CJH. Selain itu, ada 5 JCH  yang belum melunasi BPIH. ”Setelah kita konfirmasi ke yang bersangkutan semua sanggup untuk melunasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Maulidiyah mengatakan, hingga hari ini selain 849 orang CJH yang telah melunasi BPIH, ada sebanyak 54 dari 70 orang CJH kuota cadangan yang telah melunasi biaya haji yang saat ini mencapai Rp‎ 35.666.250
”Hari ini kami juga mengusulkan tambahan sebanyak 96 lansia dan 16 orang CJH gabungan suami istri atau orang tua dan anak, dan mereka akan melunasi BPIH pada tahap kedua. Tapi kita masih menunggu keputusan dari Korwil Kemenag Jatim,” pungkasnya. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.