Avour Jambon Kembali Jebol, Tiga Desa Terendam Banjir

Avour Jambon Kembali Jebol, Tiga Desa Terendam Banjir
Avor Jambon yang kembali jebol diterjang banjir
kotatuban.com – Ratusan rumah ditiga desa terendam banjir, Jumat (14/04) sore. Terendamnya tiga desa tersebut disebabkan jebolnya Avour Jabon Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban. Selain merendam ratusan rumah di Desa Sumurgung, banjir tersebut juga merendam rumah milik warga Desa Mandirejo dan Desa Sendanghaji, Kecamatan Merakurak.
Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, mengungkapkan bahwa banjir di tiga desa tersebut diakibatkan banjir kiriman dari daerah perbukitan kecamatan Grabagan dan montong banjir deras. Sedangkan, avour Jambon tidak mampu menampung air kiriman tersebut sehingga mengakibatkan tanggul jebol.
“Kecamatan Grabagan dan Montong hujan deras, dan tanggul di avour jambon jebol, akibatnya 3 desa terendam banjir. Selain itu, juga ratusan hektar areal persawahan juga tenggelam akibat luapan Avour Jambon tersebut,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Mujami’in menjelaskan bahwa jebolnya tanggul Avour Jambon tersebut terjadi sekitar pukul lima sore kemarin, dan tanggul yang jebol merupakan tanggul tanah yang lama. Dia berharap pemerintah segers memperbaiki tanggul tersebut. Sehingga,  jika terjadi hujan air tidak sampai meluap dan membanjiri rumah dan areal pertanian milik warga.
”Kami juga berharap pemerintah ada solusi untuk tanggul di Avour Jambon ini.  Karena tanggul ini sudah beberapa kali diperbaiki,  dan setiap hujan deras di Kecamatan Grabkan maupun Kecamatan Motong tanggul di Avour Jambon ini sering kali jebol,” tandasnya
Pantauan kotatuban.com dilanpangan, jebolnya tanggul Avour Jambon tersebut selebar 2,5 meter dan tinggi 1,5 meter, sehingga hal tersebut berdampak pada masyarakat yang memiliki rumah dan lahan pertanian saat datang hujan. ”Kita berharap tanggul itu segera diperbaiki. Agar warga tidak selalu was-was dan krtskutan saat datang hujan deras, ” pungkasnya. (duc) 
 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply