Di PHK Sepihak, Karyawan GCI Unjukrasa

Di PHK Sepihak, Karyawan GCI Unjukrasa
Posted by:
kotatuban.com – Puluhan karyawan PT Geo Cepu Indonesia (GCI) yang merupakan perusahaan Kerja Sama Operasi (KSO) Pertamina melakukan aksi demonstrasi, Jumat (05/05). Aksi puluhan karyawan tersebut merupakan protes terhadap perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap beberapa karyawan secara sepihak.
Pekerja PT GCI yang melakukan aksi protes tersebut menduduki kantor perwakilan distrik 1 Kawengan yang berada di Wilayah Kecamatan Senori. Selain itu, para pekerja tersebut juga membentangkan sejumlah poster bertuliskan segera selesaikan dana simpanan pensiunan (SIMPONI). Bahkan, disela-sela aksi mereka meminta kejelasan alasan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.
Ketua Serikat Pekerja Basis Kawengan, Hariyanto mengatakan, pemutusan puluhan pekerja eks PJTP secara sepihak oleh perusahaan GCI sampai saat ini belum ada penjelasan secara pasti. Sehingga, atas pemutusan hubungan kerja secara sepihak tersebut sangat merugikan para pekerja.
“Demi memperjuangkan karyawan kami akan terus melakukan aksi. Dan aksi ini sudah kita lakukan dari kemarin. Jika tuntutan kami tidak dipenuhi oleh perusahaan kami akan terus melakukan aksi seperti ini,” tandasnya.
Sementara itu, salah satu peserta aksi, Jasmani mengungkapkan, sudah hampir 3 tahun bekerja di perusahan yang sekarang dikelola GCI belum mendapatkan kesejahteraan. Ketika terdapat pemutusan kontrak, karyawan tidak diberi tahu kejelasan dan alasan dari perusahaan.
”Saya di PHK tidak diberi tahu alasannya yang tepat. Juga tidak ada kopensasi apa-apa yang saya dapat,” kata Jasmani yang bekerja sebagai Driver Angkring Eks TKJP.
Selain itu, ungkap Jasmani, sejak bekerja mulai 2013 para karyawan tidak pernah dilibatkan atas pemenuhan hak sebagai pekerja. Seperti gaji sering terlambat, atau jaminan kesehatan tenaga kerja BPJS tidak aktif untuk digunakan pengobatan. Selain itu, dana jaminan simponi pekerja juga belum terpenuhi selama 9 bulan.
”Hak-hak pekerja tidak ada yang dipenuhi oleh perusahaan,” ungkapnya. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.