Nasib Sekdes di Tuban Belum Jelas

Nasib Sekdes di Tuban Belum Jelas
Sekda Tuban Budi Wiyana dalam suatu acara
kotatuban.com – Nasib Sekretaris Desa (Sekdes) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Tuban sampai saat ini belum ada kejelasan. Apakah Sekdes akan ditarik di kabupaten dengan status PNS, atau Sekdes akan tetap berada di desa dengan status non PNS.
”Kita sampai saat ini masih membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan kita gunakan sebagai acuan untuk para Sekdes di Kabupaten Tuban ini,” terang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban Budi Wiyana, Rabu (19/04).
Menurutnya, penyusunan Raperda terkait Sekdes tersebut kerjasama dengan Universitas Negeri Solo (UNS). Setelah penyusunan Raperda nantinya akan disosialisasikan dan di Perdakan.
”Kita tunggu dulu Perdanya selesai, nanti baru jelas bagaimana mekanisme penarikan para Sekdes,” tandasnya.
Menurutnya, didalam Perda terkait Sekdes tersebut nantinya Sekdes diberikan kebebasan untuk memilih tetap menjadi Sekdes di desanya masing-masing, atau menjadi pegawai di instansi Pemkab Tuban.
”Kita akan memberikan kebebasan kepada Sekdes untuk memilih mau bertugas di kantor lingkungan Pemkab Tuban, atau tetap menjadi Sekdes,” ungkapnya.
Namun, lanjut Budi Wiyana mengatakan, jika Sekdes PNS tetap ingin menjadi Sekdes harus mengikuti mekanisme yang ada. Bila Sekdes ingin tetap menjadi PNS Pemkab Tuban juga akan mengakomodirnya.
”Bahkan saat ini sudah ada Sekdes yang meminta menjadi pegawai di kecamatan, dan ada juga yang minta di Dinas Pemberdayaan Masyarakat,” pungkasnya. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply