Seminggu Kabur Dua Napi Belum Ditemukan

Seminggu Kabur Dua Napi Belum Ditemukan
Kapolres Tuban AKBP Fadli Samad
Posted by:
kotatuban.com – Dua warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban, Dzulkifli bin Firdaus (22), warga Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan, dan Zainudin (29), warga Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, narapidana yang kabur pada Minggu (28/05) lalu hingga kini belum ditemukan.
”Dua narapida yang kabur belum kita temukan. Hingga saat ini anggota kita masih melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan,” terang Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad kepada kotatuban.com, Senin (05/06).
Saat disinggung apakah sudah ada tersangka dalam kasus tersebut, Kapolres Tuban mengatakan, sesuai pemeriksaan saksi-saksi kaburnya dua warga binaan tersebut diakibatkan kelalaian petugas. Sehingga, untuk saksi terhadap petugas yang lalai tersebut menjadi urusan internal Lapas Tuban.
”Itu kelalaian petugas, sehingga untuk saksi menjadi urusan internal. Lain lagi jika kita menemukan unsur pidana terhadap kasus itu, minsalnya petugas menerima suap untuk membantu kaburnya narapida, itu menjadi urusan kita,” ungkapnya.
Namun, Kapolres Tuban mengatakan, sesuai pemeriksaan pihak Polres Tuban tidak menemukan unsur kesengajaan yang dilakukan petugas Lapas yang menyerahkan kunci kepada warga binaan. ”Kita tidak menemukan unsur kesengajaan yang dilakukan petugas Lapas,” tandasnya.
Diberitakan sebelumnya, dua tahanan berhasil kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban, Minggu (28/05) kemarin. Kaburnya dua tahanan tersebut dengan cara memanjat tembok yang berada dibelakang lembaga pemasyarakatan tersebut.
Dua tahanan yang nekat kabur itu diketahui bernama Dzulkifli bin Firdaus (22), warga Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Narapidana itu terlibat dalam kasus penjamberatan di kawasan Tuban dengan vonis hukuman pidana selama 20 bulan penjara.
Dzulkifli kabur sebelum masa tahanannya habis bersama temannya, Zainudin (29), narapaidana warga Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Zainudin terlibat dalam kasus pencurian di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangilan dengan vonis pidana selama 19 bulan penjara. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.