Pemkab Tuban Gandeng Pemdes Jalankan Desa Model

Pemkab Tuban Gandeng Pemdes Jalankan Desa Model
Wabup Tuban Noor Nahar Hussein
Posted by:
kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bakal menggandeng Pemerintahan Desa (Pemdes) untuk membuat Desa Model di Kabupaten Tuban. Dengan begitu diharapkan program Desa Model dapat lebih efektif dalam pengentasan kemiskinan.
Pasalnya, program Desa Model pada tahun 2016 lalu menurut evaluasi Pemkab Tuban keberhasilannya belum maksimal, hanya sekitar 60 persen. Sehingga, dengan bekerjasama Pemdes diharapkan program Desa Model dapat lebih efektif.
”Kita akan bekerjasama dengan desa agar program Desa Model ini bisa berjalan lebih efektif. Karena pada tahun 2016 lalu masih kurang berhasil,” terang Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussaien, Rabu (14/06).
Menurutnya, berdasarkan dari hasil evaluasi kurang berhasilnya program tersebut disebabkan beberapa hal, salah satunya karena program yang menghabiskan dana Rp 1,5 miliar tersebut bersifat top dwon atau dari atas. Sehingga, pengawasan desa terhadap warga miskin yang mendapatkan program tersebut kurang maksimal.
”Banyak warga yang kita berikan sapi atau kambing dijual begitu saja, karena pengawasannya kurang,” ujar Wabub Noor Nahar.
Menurutnya, dengan menggandeng desa diharapkan program Desa Model ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Pasalnya, saat ini desa juga memiliki dana yang cukup besar seperti Dana Desa (DD). Diharapkan DD tersebut juga dialokasikan untuk pemberdayaan masyarakat atau pengentasan kemiskinan.
”Kalau hanya mengandalkan dana dari kabupaten saja kurang maksimal. Sehingga, harus ada sharing antara Pemkab dengan Pemdes agar pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban ini cepat teratasi,” pungkasnya. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.