Terbakar, Puluhan Ribu Ayam Hangus

Terbakar, Puluhan Ribu Ayam Hangus
Petugas pemdam saat memadamkan kebakaran kandang ayam
Posted by:
kotatuban.com – Sebuah kandang ayam potong di Dusun Kajangan, Desa Margersari, Kecamatan Plumpang ludes terbakar dilalap api, Sabtu  (15/07), sekitar 04.45 Wib. Selain kandang ayam yang diketahui milik Tasmani tersebut ludes terbakar puluhan ribu ayam siap panen juga terpanggang.
”Ayam potong sejumlah 28 ribu juga ikut terbakar bersama kandangnya,” jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Joko Ludiono.
Menurutnya, kebakaran hebat yang menganguskan kandang beserta puluhan ribu ayam tersebut disebabkan karena hubungan arus pendek listrik atau konsleting listrik yang berada di dalam kandang. Selanjutnya, percikan api itu terus membesar dan api menjalar ke seluruh sisi kandang, di karena banyak bahan yang mudah terbakar.
”Dugaan kita sementara terbakarnya kandang tersebut disebabkan konsleting listrik. Kandang itu terbuat dari bambu dan kayu sehingga mudah terbakar saat terkena percikan api dari kabel listrik yang konselet,” ungkapnya.
Melihat kobaran api yang terus membesar, warga yang tinggal disekitar kandang tersebut berusaha memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil, hingga kandang ayam berserta isinya ludes dilalap si jago merah.
Amukan api baru bisa dijinakan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu  support mobil tangki dikerahkan dilokasi kejadian. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, baik luka atau meninggal dunia.
”Korban jiwa nihil, dan pemilik kandang ayam kita perkirakan mengalami kerugian materi sekitar Rp 300 juta akibat kejadian itu,” ujar Joko Ludiono.
Sementara itu, kasus kebakaran tersebut untuk saat ini di tangani oleh Polsek setempat guna proses penyelidikan lebih lanjut. Serta anggota terlihat masih melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi atas insiden kebakaran tersebut. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.