769 Lembaga Tingkat SD Siap Laksanakan UN

769 Lembaga Tingkat SD Siap Laksanakan UN
Soal UN SD siap didistribusikan
Posted by:
kotatuban.com – Sebanyak 769 lembaga tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tuban siap melaksanakan Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada 15-17 Mei besok. Daru 769 lembaga sekolah tingkat dasar tersebut dengan rincian 556 SD Negeri, 12 SD Swasta dan 2 Madrasyah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan 199 MI swasta. Sedangkan Peserta yang mengikuti UN sebanyak 16.656 siswa, dengan rincian  12.063 siswa SD Negeri, 474 siswa SD Swasta dan 104 sisa MI Negeri serta 4.015 siswa MI Swasta.
Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Witono, mengatakan sekolah telah siap melakukan ujian nasional. Bahkan, naskah soal UN SD telah didistribusikan di dua puluh Unit Pelaksana Terpadu Daerah (UPTD) yang berada di Kabupaten Tuban dengan kawalan langsung dari Polsek dan pihak Kepala UPTD masing-masing.
”Naskah soal telah kita Distribusikan keseluruh UPTD yang berada di Kabupaten Tuban dari kemarin. Dan sekarang berada di UPTD-UPTD dengan dijaga oleh petugas kepolisian,” terang, Witono kepada kotatuban.com, Sabtu (13/05).
Menurutnya, UN tingkat SD pada tahun 2017 pihaknya telah melakukan persiapan dengan cermat. Mulai dari proses penyusunan naskah soal, pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, sosialisasi pelaksanaan UN SD hingga pengamanan distribusi naskah soal dari tempat percetakan ke lima titik rayon yang menjadi lokasi pendistribusian soal.
”Nanti, ketika sampai di UPTD masing-masing, dokumen soal UN akan dipilah per mata pelajaran sesuai hari pelaksanaannya. Selanjutnya dilakukan pengamanan dokumen disana sampai dengan hari H,” katanya.
Lebih lanjut, Witono menjelaskan penyusunan soal UN SD berbeda dengan penyusunan soal UN SMA dan SMP. Bila UN SMP dan SMA, seluruh soal disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) 100 persen. Maka soal UN SD, 75 persen disusun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten dan 25 persen disusun Kemdikbud.
”Jadi proporsi soal UN SD lebih banyak disusun oleh Dinas Pendidikan kabupaten. Sehingga, soal-soal itu telah sesuai standar kabupaten,” pungkasnya. (duc) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.