GM Catur Termuda Indonesia : Ingin Cerdas Kosumsi Makanan Bergizi

GM Catur Termuda Indonesia : Ingin Cerdas Kosumsi Makanan Bergizi
Ketua penggerak PKK Tuban dalam acara Gemar Makan Ikan di Pendopo Tuban
kotatuban.com – Asupan makanan bergizi sejak usia dini sangat mempengaruhi kecerdasan anak. Sehingga, makanan bergizi yang seimbang sangat penting diberikan kepada anak-anak sejak usia dini untuk meningkatkan kecerdasan anak.
Hal tersebut diungkapkan, salah satu Grandmaster (GM) Catur Termuda Indonesia, Susanto Megaranto saat menunjukkan aksinya melawan 20 anak sekaligus di sela-sela kegiatan  Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan Gerakan Makan Telur Dan Minum Susu Putra-Putri Indonesia (Gemarampai) di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu (19/04)
”Permainan ini murah dan mudah dimainkan dimanapun. Meski bukan olahraga popular, catur ini berkembang dan membuat anak menjadi cerdas,” terang pria yang memperoleh gelar GM-nya pada usia 17 Tahun ini.
Dia berharap mampu menjadi inspirasi bagi anak-anak di Kabupaten Tuban untuk mengasah kemampuan mereka dan ikut untuk memajukan percaturan Indonesia. Dengan pendampingan dan terbukanya kesempatan, dia yakin anak-anak dapat memperjuangkan cita-cita dan keinginan mereka untuk maju.
”Yang paling penting juga memberikan konsumsi makanan yang bergizi kepada anak-anak. Dengan tetap mengkonsumsi makanan bergizi,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda yang hadir pada kegiatan ini  mengungkapkan, makanan bergizi bisa didapatkan dari Ikan, telur dan susu. Dengan makanan tersebut dapat menjadikan anak sehat, cerdas dan berkualitas.
”Harus dibiasakan makan ikan dan telur serta minum susu, agar anak kita cerdas,” ungkapnya.
Selain meningkatkan gizi di kalangan anak-anak, Gemar makan ikan, telur dan minum susu juga diproyeksikan dapat menggairahkan wirausaha di bidang perikanan dan peternakan. ”Bukan hanya mencetak generasi cerdas, tetapi juga dapat meningkatkan ekonomi nelayan dan peternak,” tegasnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Tuban, Qodiriyah Fathul Huda menjelaskan bahwa, status gizi anak bisa diakibatkan beberapa faktor, diantaranya adalah asupan zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh.
”Anak-anak usia sekolah dasar yang masih dalam masa pertumbuhan, membutuhkan asupan nutrisi yang sesuai melalui makanan dan minuman,” terang istri Bupati Tuban ini.
Ditambahkan oleh Qodiriyah, bahwa pemberian makanan bergizi pada anak usia dini sangat penting, karena tanpa adanya pemberian makanan yang bergizi, maka pertumbuhan anak baik fisik, maupun mental bisa terganggu.
Kepada jajaran di bawahnya, Qodiriyah yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban ini, menghimbau untuk menjadi ibu yang mahir dalam menyiapkan menu olahan ikan dan daging di keluarganya, Karena Sehat tidaknya anggota keluarga, sangat ditentukan oleh makanan yang ada.
”Sebagai Ibu harus mampu memberikan makanan yang baik dan bergizi bagi keluarganya,” pungkas ibu 4 anak tersebut. (duc)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply