​Peringatj HPSN Mahasiswa Unirow Bersihkan Pantai

kotatuban.com – Ratusan Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban kerjasama dengan berbagai elmen masyarakat membersihkan pantai sepanjang Jalan RE Martadinata, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu. Aksi tersebut digelar dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

”Kegiatan HPSN ini sudah kita mulai sejak 15 Februari sampai 28 Februari mendatang. Kita juga mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar,” terang Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, Senin (20/02).

Kegiatan yang diplopori oleh mahasiswa Biologi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pendidikan Alam (F-MIPA) Unirow tersebut sebagai upaya peduli dengan lingkungan. Selain itu, juga sebagai upaya untuk menekan sampah yang ada di Tuban.

”Salah satu penyebab bencana alam seperti banjir adalah sampah. Untuk itu pembersihan sampah ini juga sebagai upaya kita untuk menekan angka bencana alam di Tuban dengan perduli dengan alam,” ungkapnya.

Selain menggalakan aksi pungut sampah civitas akademika Unirow secara rutin juga melakukan konservasi tanam pohon di pantai Mangrove Desa Jenu, Kecamatan Jenu.

”Kami rutin menggelar konservasi dengan pihak Mangrove Center Tuban (MCT). Dan kita siap bekerjasama dengan siapa saja, demi kebaikan dan kesejahteraan Tuban,” imbuh dosen yang mengajar Ilmu Biologi di Unirow ini.

Sebagai akademisi, mahasiswa Unirow akan terus menjadi pionir penyelamatan lingkungan. Apalagi upaya ini sudah masuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang pengabdian masyarakat. Lebih dari itu, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbesar di Tuban ini juga aktif dan proaktif demi kelestarian lingkungan itu sendiri.

”Kita berkomitmen akan untuk menjaga kelestarian lingkungan apalagi itu masuk dalam tri darma perguruan tinggi,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban