‎90 Persen Desa di Tuban Sudah Dialiri Air Bersih

image
Bupati Tuban Fathul Huda saat memberikan mauidoh hasanah pada acara sedekah bumi di Becok, Tegalrejo, Merakurak

kotatuban.com – Sembilan puluh persen desa-desa di Kabupaten Tuban telah dialiri oleh air bersih. Sehingga, kebutuhan warga masyarakat akan air bersih berangsur-angsur tercukupi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban saat menghadiri sedekah bumi Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) Tirto Moro Dusun Becok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Minggu (26/07) malam.

”Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini 90 persen desa-desa di Kabupaten Tuban telah dialiri oleh air bersih,” terang, Bupati Huda dalam sambutannya.

Namun, lanjut Bupati Huda mengatakan, hal tersebut belum menyelesaikan permasalahan terkait kebutuhan warga akan air bersih di wilayah Kabupaten Tuban. Terutama di daerah pegunungan atau dataran tinggi yang sulit akan air.

”Untuk memenuhi kebutuhan air warga masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tuban menyediakan truk tangki. Truk ini digunakan untuk droping air bersih bagi daerah yang tidak memiliki sumber air dan kesulitan air bersih pada musim kemarau saat ini,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Bupati Huda mengatakan, dihimbau untuk para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Tuban untuk segera melaporkan kepada camat dan diteruskan ke Pemkab Tuban jika di daerahnya terjadi bencana kekeringan. Sehingga, bencana kekeringan tersebut bisa ditanggulangi secara cepat.

”Kepala desa harus pro aktif jika di daerahnya terjadi bencana. Sehingga, akan cepat penanggulangan dan penanganannya,” pungkas Bupati Huda.

Sedekah bumi HIPPAM Tirto Moro diisi kegiatan istigosah, pengajian dan dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Tirto Kencana. (duc)  

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban