‎Bupati Huda Himbau Petani Manfaatkan ABT

image
Bupati Fathul Huda saat panen raya di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel

kotatuban.com – Bupati Tuban Fathul Huda menghimbau kepada petani yang ada di Kabupaten Tuban khususnya untuk petani yang menggarap areal persawahan untuk memanfaatkan sumber air bawah tanah (ABT).

Hal tersebut diungkapkan Bupati Huda pada acara panen raya padi bersama petani di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Rabu, (02/09).

Jika petani di areal persawahan memanfaatkan air bawah tanah maka bisa panen sampai tiga kali dalam setahun. Jika hanya memanfaatkan aliran sungai atau tadah hujan hanya bisa panen dua kali dalam setahun.

”Kita terus mendorong para petani untuk menggunakan air bawah tanah untuk kebutuhan pertaniannya. Karena,  musim kemarau seperti ini petani menggunakan air bawah tanah masih bisa tanam,” terang Bupati Huda.

Sementara itu, Yuari, Kepala Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel mengatakan, bahwa panen raya di wilayahnya tersebut seluas 628 hektar. Sedangkan, pengairan untuk sawah milik warga tersebut memanfatkan irigasi dari waduk yang ada di desa setempat.

”Memang waduk seluas 150 meter X 40 meter yang ada di desa kami itu, kita manfaatkan untuk mengairi sawah pada musim kemarau seperti ini. Sehingga, dalam setahun bisa panen hingga tiga kali panen,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban