‎Calon Independent, Harus Serahkan 75 Ribu Lebih Dukungan

image
Ketua KPU Tuban, Kasmuri

kotatuban.com – Calon bupati yang akan ikut bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban pada 9 Desember 2015 mendatang, yang melalui jalur independent harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, calon dari jalur perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 6,5 persen jumlah penduduk dan tersebar di 10 persen jumlah kecamatan.

Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, bahwa jumlah penduduk Kabupaten Tuban sebanyak 1.163.591 jiwa. Sehingga, jumlah minimal untuk calon perseorangan di Kabupaten Tuban sebanyak, 75.634 jiwa.

”Dan dukungan itu juga minimal harus tersebar di 10 kecamatan yang ada di Tuban. Sehingga, calon non Partai Politik (Parpol) harus sudah mulai bekerja sejak sekarang untuk menggalang dukungan,” terang, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kasmuri, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Rabu (13/03).

Menurutnya, untuk pendaftaran calon dari jalur independent akan dibuka pada 26-28 Juli. Pendaftaran tersebut harus dilengkapi surat pernyataan dari masyarakat yang bersangkutan, dan dilampiri identitas penduduk yang diakui oleh undang-undang, seperti KTP, KK, atau SIM.

”Setelah itu baru kita verifikasi berkas dukungan untuk calon perseorangan tersebut. Kita validasi by name by adress sesuai dengan identitas yang ada dibekas dukungan tersebut,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban