‎FMK Dibekali Perencanaan dan Penganggaran Program Desa

image
Pembekalan FMK

kotatuban.com – Institute of Research Empowerment (IRE) Jogjakarta memberikan pembekalan kepada Forum Masyarakat Kokoh (FMK). Pembekalan terhadap forum masyarakat yang berada di Ring Satu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban tersebut dilaksanakan di Hotel Mustika Tuban, Rabu (01/04).

Deputy Pengembangan Program dan Jaringan/ Spesialis studi Kebijakan dan Governance Reform IRE, Sunaji Zamroni, dalam sambutannya mengungkapkan, pada pembekalan kali ini para anggota FMK akan diajak berdiskusi bareng untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran program desa. 

”Sehingga, nantinya program desa tersebut tidak bertentangan dengan program corporate social responsibility (CSR) perusahaan, dan bahkan dapat disingkronkan,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman pengurus dan anggota FMK tentang berbagai aspek yang mendukung kerja-kerja FMK, seperti tupoksi, mekanisme pembuatan keputusan di FMK, keanggotaan, serta membangun kesepahaman bersama dengan Semen Indonesia terkait kemitraan dan dukungan sumberdaya.

”Lahirnya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa telah mengubah posisi desa dalam perencanaan dan keuangan. Perubahan kebijakan ini penting untuk menjadi aspek dari pembekalan. Posisi dana CSR dan FMK dalam UU baru tersebut penting agar dari awal telah terjadi titik temu,” tandasnya.

Sementara itu, Kabiro Bina Lingkungan Semen Indonesia Slamet Murdiarso mengatakan, pada kesempatan ini Semen Indonesia ingin menyamakan persepsi antara kebutuhan desa dengan apa yang bisa dibantu oleh perusahaan. Sehingga, program CSR yang dikeluarkan perusahaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

”Jadi CSR yang kita keluarkan benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat, tidak sekedar menjadi keinginan saja,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban