‎Kadinkes Nilai Anggaran Alat Kesehatan Masih Minim

image
Kadinkes Tuban, Saiful Hadi

kotatuban.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengakui pada 2015 ini anggaran untuk alat kesehatan masih kurang. Saat ini anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Tuban 2015 tersebut hanya sebesar Rp 1,6 milyar. Padahal anggaran pada tahun lalu mencapai Rp 1,7 M.

”Ya, anggaran sebesar itu masih kurang, karena di Tuban ada 33 puskesmas, dan semuanya pasti membutuhkan penambahan maupun pembaruan alat kesehatan,” terangnya kepada  kotatuban.com, Selasa (26/05).

Menurutnya, untuk pengadaan alat kesehatan saat ini mulai diberlakukan standarisasi, dimana pengadaannya harus melalui E-katalog atau sudah diatur pusat. Sedangkan, untuk daftar harga alat ditentukan oleh pemerintah pusat. Sehingga, untuk membeli alat standarisasi tersebut diperlukan biaya yang sangat besar.

”Pemakaian alat kesehatan setiap tahunnya harus diupdate, agar tidak jadul. Dari situlah anggaran untuk alat kesehatan ini perlu anggaran yang lumayan besar,” tambahnya.

Seharusnya, anggaran untuk kesehatan itu harus lebih memadai, karena kesehatan itu bersentuhan langsung dengan masyarakat.

”Bila disetiap puskesmas alatnya memadai kan orang yang sakit tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, kecuali kalau sakitnya itu sudah parah,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban