‎Pengembangan Lapangan Sumber Belum Jelas

image
kotatuban.com – Perkembangan proyek Lapangan Sumber, Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, sampai saat ini tampaknya masih simpang siur. Meski uji produksi telah selesai dilakukan pada 2013 lalu.
Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berharap Lapangan Sumber bisa segera dikerjakan. Sehingga, Lapangan Sumber tersebut bisa menyerap tenaga kerja disekitar lapangan tersebut. Selain itu, perusahaan minyak dan gas (Migas) tersebut juga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tuban.
Field Manager Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), Yuinzar H Dipodiwirdjo mengungkapkan, sampai sekarang pihaknya belum bisa memastikan kapan akan melakukan pengeboran deliniasi. Pengeboran deliniasi diperlukan untuk mengetahui berapa cadangan gas yang ada di sumur tersebut.
”Kalau pengeboran deliniasi belum tahu, kapan akan kita laksanakan. jelas Yunizar, Kamis (5/3).
Menurutnya, untuk saat ini tengah dilakukan evaluasi ulang di Lapangan Gas Sumber. Evaluasi meliputi hasil pengeboran satu sumur yang ada di sana dan evaluasi hasil seismik yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.
”Kita perlu evaluasi dahulu, karena kita juga belum menemukan cadangan terbukti yang ada di Lapangan Sumber. Jadi setelah di evaluasi ada kemungkinan kita perlu mengebor lagi sumur deliniasi untuk menghitung total cadangan yang ada di sana,” terangnya.
Sumur Sumber 1 yang ada di Desa Sambongge, Kecamatan Merakurak, telah selesai melakukan uji produksi sejak bulan November tahun 2013 lalu. Saat itu, operator menyebut akan segera melakukan evaluasi dan melakukan pengeboran deliniasi di lokasi yang ditemukan cadangan hidrokabon selama proses ekaplorasi yang telah dilakukan. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban