‎Produksi Sapi di Tuban Turun 20 Persen

image
Bupati Fathul Huda

kotatuban.com – Produksi sapi di Kabupaten Tuban pada 2014 menurun jika dibanding tahun 2013. Penurunan produksifitas tersebut hingga 20 persen.

Pada tahun 2013 produksi sapi di Tuban sebanyak 314 ribu ekor. Sedangkan, pada tahun 2014 produksi sapi di Kabupaten Tuban hanya sebanyak 240 ribu ekor.

”Penurunan populasi di Tuban sekitar 20 persen. Diharapkan, pada tahun ini produksi sapi kita dapat meningkat,” terang, Bupati Tuban Fathul Huda pada sosialisasi kegiatan penerapan kartu ternak sapi dan kerbau Kabupaten Tuban 2015 di gedung Korpri Tuban, Senin (30/03).

Sehingga, lanjut Bupati Huda, produktifitas petani sapi yang ada di Tuban perlu untuk ditingkatkan lagi. Selain itu, untuk pemotongan sapi juga perlu dibatasi, baik  usia maupun berat badannya. Untuk sapi layak potong usianya minimal 4 tahun dan beratnya 400 kilo gram. Selain itu, jenis kelamin yang akan dipotong juga harus diperhatikan. Jangan sampai sapi betina dan masih produktif dipotong.

”Untuk pemotongan juga harus diperhatikan, jangan sampai sapi yang masih produktif dipotong dan diambil dagingnya. Karena hal itu akan sengat mengganggu produktifitas sapi yang ada,” tandasnya.

Menurutnya, produktifitas sapi Tuban ini harus terus ditingkatkan. Pasalnya, produktifitas sapi di Tuban termasuk terbanyak nomor tiga se Indonesia. Dan jangan sampai tingkat produktifitas sapi di Tuban menurun terus.

”Pemkab berkomitmen untuk terus memajukan peternakan sapi di Tuban. Karena sapi bisa menjadi salah satu sumber ekonomi yang potensial,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban