‎Seharusnya Raskin Berbasis ART

kotatuban.com – Bantuan sosial untuk masyarakat miskin, berupa beras miskin (Raskin) sampai saat ini masih kurang tepat, dan jauh dari rasa keadilan. Pasalnya, untuk saat ini pembagian Raskin masih berdasarkan kepala keluarga (KK), bahkan banyak masyarakat yang cukup mampu masih mendapatkan Raskin.

Seharusnya, pembagian Raskin tersebut berdasarkan jumlah anggota rumah tangga (ART), tidak berdasarkan jumlah KK seperti saat ini. Sehingga, seharusnya tidak sama antara KK yang memiliki ART banyak dan sedikit. Apa lagi orang yang kaya juga masih mendapatkan Raskin. Hal tersebut sangat tidak dibenarkan.

”Raskin tersebut salah satu bantuan sosial yang banyak menyimpan masalah. Sehingga, kita harus bersama-sama mencari solusi agar bantuan sosial tersebut tepat sasaran dan tepat guna,” terang, Koordinator Komisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Tuban, Istiana pada diskusi temu jejaring advokasi perlindungan sosial, Selasa (24/03).

Menurutnya, selain proses pembagian Raskin yang harus dibenahi kualitas Raskin juga harus diperhatikan. Karena selama ini Raskin yang dibagikan kepada masyarakat tidak sedikit yang berwarna kuning, bau dan berkutu. Sehingga, semua sistem mulai data, distribusi, dan sistem penerimaan harus dibenahi.

”Raskin ini bantuan sosial yang memang sangat bermanfaat untuk masyarakat miskin. Sehingga, pengelolaannya harus benar-benar yang baik,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban