‎Sholat Jumat, Jamaah Dijaga Polwan

Polwan saat mengatur lalulintas depan Masjid Rahmat, Jl Pangeran Diponegoro Tuban
Polwan saat mengatur lalulintas depan Masjid Rahmat, Jl Pangeran Diponegoro Tuban

kotatuban.com – Ada pemandangan yang lain saat menjelang sholat jumat di masjid-masjid di wilayah Tuban beberapa minggu terakhir ini. Pasalnya, saat menjelang sampai akhir sholat jumat di sekitar masjid terlihat sejumlah petugas Polisi Wanita (Polwan) dengan menggunakan jilbab berada di pinggir jalan dekat masjid untuk mengatur lalulintas.

Keberadaan para Polwan dari jajaran Polres Tuban tersebut untuk melakukan penjagaan dan pengamanan disaat para jamaah sedang melakukan ibadah.

Pantauan kotatuban.com di lapangan, para petugas Polwan tersebut nampak melakukan pengamanan di masjid-masjid yang ada di Tuban terutama masjid di kawasan jalan besar sejak pukul 11.00 Wib. Mereka membantu penyeberangan para warga masyarakat yang akan melakukan ibadah.

”Ini merupakan program baru Polres Tuban. Setiap Jumat, anggota Polwan melakukan pengamanan di masjid-masjid,” terang Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati, Jumat (15/05).

Keberadaan para Polwan berjilbab tersebut menggantikan tugas dari para Polisi yang biasanya melakukan penjagaan di masjid. Sehingga dengan adanya anggota Polwan yang melakukan pengamanan, para Polisi bisa fokus untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

“Penjagaan seperti ini tidak hanya di kawasan kota saja. Tapi juga dilakukan di masjid-masjid yang ada di kecamatan dengan dilakukan oleh anggota dari masing-masing Polsek,” lanjut Polwan mantan Kapolsek Kerek, Tuban itu.

Menurutnya, untuk jumlah anggota  yang melakukan penjagaan di masjid saat pelaksanaan sholat jumat rata-rata sebanyak empat orang anggota Polwan berjilbab. Dengan keberadaan penjagaan di masjid-masjid saat sholat jumat itu diharapkan mampu meningkatkan keamanan dan ketertiban.

”Selain mengatur lalu lintas, tujuan keberadaan Polwan saat sholat jumat adalah untuk mencegah tindak kriminalitas seperti curanmor atau lainnya. Diharapkan kegiatan ini bisa membuat para warga yang melakukan ibadah merasa nyaman dan aman,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban