Hama Lalat Serang Belimbing Madu

image
Yasin menunjukkan bwlimbing yang diserang lalat

kotatuban.com-Tanamam buah belimbing di Desa Tasik Madu, Kecamatan Palang, Tuban diserang hama lalat. Lalat berukuran kecil berwarna kuning dan hitam tersebut merusak buah belimbing yang masih muda.

“Sebenarnya tidak bergantung pada musim, lalat buah selalu ada, hanya saja kalau musim hujan seperti sekrang ini cukup banyak,” kata petani buah belimbing warga Desa Tasik Madu, Yasin (50), Senin (14/03).

Menurut Yasin, lalat buah menyerang tanaman belimbing dengan cara bertelur dalam buah yang masih kecil. Saat telur menetas larva lalat akan memakan daging buah dan membuat buah membusuk kemudian jatuh.

“Lalat ini menyerang bagian buah dengan bertelur, kalau sudah begitu buah belimbing akan menguning dan jatuh,” terang Yasin.

Menurut Yasin, sekalipun buah belimbing tidak sampai jatuh atau dapat diselamatkan, kualitas buah tidak baik. Buahnya caat dan terdapat  bintik hitam,  sehingga tidak laku di pasaran.

Untuk mengantisipasi lalat buah ini petani menggunakan cara blongsong (membungkus) buah belimbing saat usia sekitar satu bulan.

“Asal tidak terlambat cara ini cukup efektif untuk menghindari lalat,” terang petani belimbing itu.

Untuk diketahui, Yasin adalah satu dari sekian banyak petani belimbing di Desa Tasik Madu dengan produk blimbing madunya. Belimbing madu biasanya berbuah sepanjang tahun dengan masa panen tiga kali setahun. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban