Tim Damkar Simulasi Bareng

image
Tim Damkar saat simulasi padamkan kebakaran gedung bertingkat

kotatuban.com – Puluhan anggota dari petugas Sar dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban berserta petugas Pemadam Kebakaran dari perusahaan besar yang ada di Kabupaten Tuban melakukan latihan bersama.

Latihan bersama dilakukan untuk konsolidasi antara tim Damkar BPBD Tuban bersama tim Damkar dari sejumlah perusahaan di Tuban untuk sama-sama melakukan pemadaman api saat terjadinya kebakaran. Pelatihan bersama itu dilakukan dengan memadamkan kebakaran di gedung-gedung bertingkat.

“Kegiatan latihan bersama ini dalam rangka memperingati HUT Damkar yang ke 97. Kita melakukan latihan bersama dengan tim Damkar dari perusahaan yang ada di Tuban,” terang Joko Ludiono, selaku Plt Kepala BPBD Tuban, Sabtu, (18/03).

Selain dari anggota BPBD Tuban, puluhan personil yang ikut dalam latihan bersama tersebut berasal dari tim pemadam PT Semen Indonesia, JOB PPEJ, PT Holcim dan juga PT PJB. Sejumlah kendaraan mobil pemadam kebakaran juga disiapkan dalam simulasi tersebut. Bahkan, tim.mwdis juga disipakan untuk antisipasi jika terjsdi korban.

“Ini kita melakukan latihan sudah empat kali. Dengan kegiatan latihan bersama seperti ini, kita berharap jika terjadi suatu bencana khususnya kebakaran bisa kita lakukan bersama-sama,” sambung Joko Ludiono.

Dalam latihan bersama tim Damkar gabungan itu digambarkan adanya peristiwa kebakaran di Kantor Pemkab Tuban yang merupakan gedung bertingkat. Sehingga petugas melakukan pemadaman secara bersama-sama termasuk dengan melakukan evakuasi korban yang mengalami pingsan di lantai 3.

“Latihan bersama ini bukti komitmen dan atensi dari Pemkab Tuban dan industri yang ada di Tuban ini untuk selalu memberi pelayanan warga masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, dalam latihan bersama yang berlangsung selama empat hari ini petugas juga melakukan pemasangan rambu-rambu jalur evakuasi di gedung-gedung bertingkat milik Pemkab Tuban. Dengan tujuan supaya jika terjadi kebakaran maupun bencana lainnya para pekerja sudah bisa mengetahui dimana harus berkumpul.

Dalam tugas penanggulangan bencana, lanjut Joko, pohaknya telah membagi langkah pemadam kebakaran di masing-masing zona. Tim Damkar perusahaan diminta langsung bertindak jika terjadi kebakaran di wilayah terdekat operasinya. Sebab, jika menunggu tim Damkar dari BPBD jaraknya terlalu jauh.

” Komitmrn itu yang kami sepakati dengan tim Damkar perusahaan di Tuban. Sehimgga penanganan kebakaran bisa cepat teratasi,” ungkap Joko. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban