Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 6 Juni 2016

image
Ketua Muhammadiyah Tuban, Nurul Yaqin

kotatuban.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah tetapkan awal Ramadan jatuh pada 6 Juni 2016. Penetapan awal Ramadan dan Syawal tersebut didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal. Dimana Ramadan 1437 H terjadi pada Ahad Legi, 5 Juni 2016, tinggi bulan pada saat matahari terbenam berada diatas ufuk.

“InsyaAllah Ahad malam tanggal 5 sudah shalat tarawih dan besuknya tanggal enam sudah puasa,” ujar Ketua PP Daerah Muhammadiyah Tuban, Nurul Yaqin, Selasa (26/04).

Menurut Nurul Yaqin, pimpinan daerah saat ini memamg belum menerima edaran soal awal puasa tersebut dari pimpinan pusat Muhammadiyah. Jika sudah diterima pimpinan daerah, edaran tersebut akan langsung disampaikan ke warga Muhammadiyah di Kabupaten Tuban.

“Memang belum ada edaran dari pusat, jika nanti sudah ada menjelang Ramadan akan kami sampaikan. Namun kami yakin warga Muhammadiyah di Tuban sudah tahu awal puasa dari berbagai media,” kata Yakin.

Sementara itu terkait perbedaan hari yang biasanya terjadi antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) diyakini tahun ini kemungkinan besar awal puasa bersamaan. Dia juga berharap perbedaan awal puasa tidak menjadi persoalan besar karena pada dasarnya ramadan adalah momen memperbanyak amal kebaikan.

“Insya Allah tahun ini bersamaan, namun, jika nanti ada perbedaan kami harap ini semua berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkas Yaqin. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban