Tuban Jadi Pilot Proyek Pengelolaan BOS Pendidikan

kotatuban.com – Dengan menerapkan aplikasi Sistem Pengelolaan BOS (SIPBOS), Kabupaten Tuban menjadi pilot projects sekaligus percontohan bagi wilayah lain terutama di Jawa Timur. Untuk itu, sekitar 650 Bendahara dan operator sipbos dari SD SMP Negeri se Kabupaten Tuban mengikuti bimbingan teknis di Wilis Hotel & Resort Tuban mulai 16 sampai 22 September 2019.

Bupati Tuban, Fathul Huda membuka Bimbingan Teknis Aplikasi Sipbos mengatakan, kegiatan ini menjadi wujud dari keinginan insan pendidik Kabupaten Tuban untuk maju, tertib, dan aman. Tidak hanya itu, penerapan aplikasi ini akan mempermudah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dari berbagai program kegiatan. Hasil yang diperoleh juga lebih efektif dan akurat sehingga akan lebih aman dan terhindar dari kesalahan administrasi.

Sektor pendidikan selalu mendapatkan perhatian terus menerus, baik baik infrastruktur maupun suprastruktur. Peningkatan kualitas pendidikan juga dapatnya memanfaatkan teknologi. Di samping itu, lompatan-lompatan di bidang pendidikan mampu memunculkan berbagai terobosan dan inovasi yang baru. “Pemkab Tuban sangat memperhatikan keberlangsungan pendidikan,” ungkapnya.

Menurut, bupati dua periode ini pihaknya juga secara langsung telah memanggil Dispendik Tuban terkait subsidi dan perhatian bagi sekolah swasta. “Saya menginstruksikan dalam waktu dekat ada kajian mengenai hal ini sehingga tahun 2020 bisa diterapkan. Ini untuk menghindari kecemburuan dari sekolah swasta,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Wali berpesan kepada peserta harus mengikuti dengan serius. Setelah mengikuti Bimtek, peserta harus menguasai materi dan prakteiknya. “Harus memberi contoh yang sebaik-baiknya untuk daerah lainnya,” serunya.

Sementara itu, Direktur Imtek Media Data, Insan Maulana Rhosyal, selaku konsultan penyelenggara menyatakan, aplikasi SIPBOS merupakan aplikasi resmi dari Kemendagri RI sebagai aplikasi pengelolaan dana BOS. Aplikasi ini mencakup penganggaran, pengelolaan, dan pelaporan.

Pelaporan SIPBOS sinkron dengan pelaporan dana Bos dan laporan Keuangan Daerah, paparnya. Hal tersebut sesuai dengan tema yaitu Optimalisasi Pengelolaan Dana BOS Reguler dengan Pemanfaatan Teknik Informasi Menuju Pelaporan Dana BOS Reguler Terintegrasi dengan Laporan Keuangan Daerah’.

“Pemkab Tuban menjadi salah satu pilot project aplikasi SIPBOS di Indonesia sekaligus menajdi kabupaten pertama di Jawa Timur yang menerapkan aplikasi SIPBOS,” tuturnya.

Seluruh bendahara dan operator akan dilatih terkait pengoperasian aplikasi SIPBOS, dimana satu instruktur akan menangani 20 peserta. Juga akan disinergikan dengan BPPKAD sehingga terjadi keselarasan program. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban