5 Inovasi SIG Pabrik Tuban Juarai AI 2021

Kotatuban.com – 5 tim inovasi SIG Pabrik Tuban berhasil meraih juara 1 dengan berbagai katagori dalam ajang Semen Indonesia Award on Innovation (AI) 2021. Dalam kegiatan inovasi tersebut diikuti 174 tim inovator dari SIG group dan anak usaha.

Inovasi yang mendapatkan juara 1, pertama berjudul “Re-design Chain Scrapper Conveyor ke Belt Conveyor guna menghilangkan problem Unloading Batubara pada 469CS1 sebesar 100% selama 1 Tahun”. Kedua berjudul “Modifikasi Mesin Extruder dan Mesin Laminasi untuk Memproduksi Kantong Jahit Karung”.

Sedangkan, inovasi ketiga yang mendapatkan juara 1 berjudul  “Leveraging Digitalization To Improve  Quarry Business Performance And Reduce Risk”. Ke empat berjudul “Mengurangi Biaya Pembelajaran Coaching And Feedback Untuk Leaders Band 2&3 Holding Dan Ap Semen Sebesar 99% Selama 2 Bulan. Kemudian yang ke lima berjudul “Optimalisasi Control Packing Machine 631PM01 & Belt Weigher 631BW01 di Packer Tuban 1”.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan yang telah mengikuti ajang inovasi ini. Dan selamat kepada para pemenang,” ungkap Direktur SDM dan Hukum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Tina T. Kemala Intan pada kegiatan Temu Ramah Pemenang SIG Group Innovation tahun 2021 Bersama Board of Directors (BOD) SIG di Ruang Auditorium KPSG, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, dalam konteks transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) inovasi adalah keharusan karena membuat bisnis lebih hemat, cepat, mudah, dan melangkah jauh sehingga menjadikan perusahaan lebih sustain dan tumbuh.

“Melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan karyawan perusahaan dapat memperoleh efisiensi yang cukup besar dalam jangka panjang,” ujarnya.

Lebih lanjut Tina mengatakan, diharapkan ke depan inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh insan SIG dapat terus berkembang. Misalnya, mencetuskan inovasi yang berbasis digital. Pasalnya, saat ini semua telah menggunakan system digital.

“Dan yang tepenting jangan lupa menularkan ilmunya kepada teman-teman yang lain untuk menciptakan inovasi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Produksi SIG, Benny Wendry mengatakan, ajang apresiasi kepada pelaku inovasi, digelar untuk menumbuhkan semangat dan menciptakan budaya berinovasi, meningkatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan konsolidasi di lingkungan SIG. Serta memberikan apresiasi terhadap karyawan, unit bisnis dan korporasi yang berkontribusi positif pada peningkatan kinerja korporasi secara umum.

“Ini menunjukkan Innovation Award mendapatkan respon dan antusiasme dari para karyawan. Ini tentunya juga sangat positif bagi perusahaan karena efisiensi bisa tercapai,” tandasnya.

Diketahui, pada tahun 2021 SIG Pabrik Tuban juga dipercaya mewakili Indonesia diajang Konvensi Inovasi Internasional APQO secara online di Perth, Australia. Dalam even tersebut perusahaan berhasil meraih penghargaan tertinggi, yaitu Three Stars Award sekaligus menjadi satu-satunya yang mendapat Special Award, The Most Leveraging Technologi. Selain itu juga mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Par Excellence pada ajang Inovasi Internasional ICQCC secara online di Hyderabad, India. (rto)

Comments are closed.