60 Warga Binaan Lapas Tuban Ikuti Pelatihan BLK

Kotatuban.com – 60 warga binaan Lapas Kelas IIB Tuban mendapatkan pelatihan keterampilan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban. Tiga program keterampilan yakni pengelasan, elektronik, dan mebelair diberikan kepada narapidana (napi) sebagai bekal mereka saat bebas nanti.

Kepala Lapas Tuban Siswarno saat pembukaan pelatihan bersama BLK di aula Lapas Tuban, Rabu (24/3/2021)  mengatakan bahwa institusi yang dipimpinnya menyambut baik kegiatan pelatihan di Lapas Tuban dengan instruktur dari BLK. Menurutnya hal tersebut akan menjadikan bekal keterampilan dalam menjalani kehidupan nanti pasca bebas dari hukuman dan bermasyarakat.

“Patut kita bersyukur, anda semua mendapatkan pelatihan gratis dari negara belum tentu jika anda diluar sekarang mendapatkan pelatihan,” ujarnya.

Menurut Kalapas bahwa program keterampilan pengelasan, elektronik, dan mebelair akan diikuti masing-masing 20 orang warga binaan. “Kita siapkan keterampilan yang memiliki peluang pekerjaan tinggi, termasuk pelatihan elektronik yang dikhususkan menjadi teknisi teknisi handphone,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan BLK Tuban Rias menuturkan bahwa 3 paket kegiatan tersebut rencananya bakal berlangsung selama 10 hari. “Dalam satu hari terdapat 8 jam pelatihan, kita akan maksimalkan itu selama 10 hari,” jelasnya.

Dia juga menyambut baik jika terdapat narapidana Lapas Tuban yang ingin mengembangkan pelatihan setelah keluar dari Lapas. “Di dalam Lapas kita berikan pelatihan ini yang dibiayai APBN, jika kelak bebas bisa mengajukan diri untuk mengukuti lagi di kantor BLK,” katanya.

Sementara itu, SR (42) narapidana kasus narkotika menuturkan dirinya senang mendapatkan pelatihan ini, hal itu menurutnya selain mendapatkan sertifikat juga mendapat pengalaman, dan yang terpenting dirinya mendapatkan ilmu dan keterampilan.

“Saya senang pak, di dalam Lapas bisa tambah ilmu biar bisa nge-las, saya pinginnya buka bengkel las setelah keluar lapas biar sukses,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban