93 Inovasi Desa Dipamerkan di BID 

kotatuban.com – Pemkab Tuban gelar Bursa Inovasi Desa (BID) Kabuaten Tuban, Senin (19/11). Acara yang digelar di Pendopo Kridho Manunggal Tuban itu dibuka langsung  tersebutBupati Tuban, Fsthul Hyda.
“BID ini sebagai wadah atau tempat yang memberikan ruang terjadinya pertukaran ide inovasi atau praktek cerdas. Sehingga inovasi yang muncul bisa direplikasi maupun diduplikasi di setiap desa sebagai peserta bursa, sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing desa,” kata Bupati Huda.
Pada bursa inovasi desa Kabupaten Tuban tersebut ada 93 inovasi, yang terdiri dari 17 inovasi desa bidang infrastruktur, 39 di bidang kewirausahaan dan ekonomi, dan 37 sumber daya manusia (SDM).
Dalam sambutannya, Bupati Huda menjelaskan, Undang-undang (UU) Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa, memberikan kewenangan kepada desa, diantaranya, kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa.
“Pemerintah telah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan desa, khususnya melalui transfer Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk itu desa diharapkan meningkat kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.
Menurutnya, saat ini kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif desa membangun masih memiliki keterbatasan. Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas Aparat Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat, kualitas tata kelola desa, maupun sistem pendukung yang diwujudkan dalam regulasi dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan desa.
Sebagai dampaknya, ungkap bupati yang memiliki background kiai itu, kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.
“Untuk itu sebagai salah satu upaya pemerintah guna memperbaiki keadaan tersebut, maka ditetapkan program Inovasi Desa (PID),” katanya.
Setelah membuka BID, Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Tuban beserta Forkopimda menyempatkan diri mengunjungan stand bursa desa. Sedangkan beberapa peserta bursa antusias melakukan penukaran ide untuk diaplikasikan di masing-masing desanya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban