ADD dan DD Tuban Sudah Cair 60 Persen

Kabag Humas Pemkab Tuban, Teguh Setyabudi
Kabag Humas Pemkab Tuban, Teguh Setyabudi

kotatuban.com-Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini mulai dicairkan pemerintah Daerah Kabupaten Tuban. Pencairan tersebut menyusul sudah lengkapnya seluruh persyaratan dari desa seperti laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat  dan Media (Kabag Humas dan Media) Pemkab Tuban, Teguh Setya Budi mengatakan, seluruh desa telah menyerahkan laporan APBDes. Sementara pencairan dana itu telah mencapai 60 peren.

“Seluruh desa sudah meyerahkan laporan APBDesnya masing-masing dan pencairan DD maupun ADD saat ini sudah berjalan 60 persen,” kata Teguh Setyabudi, Kamis (13/8)

Teguh menjelaskan setiap desa nantinya akan menerima DD dan ADD dalam dua tahap, tahap pertama DD akan dicairkan sebanyak 40 persen dan 60 persen di tahap berikutnya. Sementara ADD akan dicairkan 50 persen dan sisanya pada tahap berikutnya.

”Dana itu nantiya akan cair dalam dua tahap, sekarang ini sudah sebagian,” terang Teguh.

Berdasarkan peraturan pemerintah pusat, setiap desa akan menerima DD sebesar Rp270.000.000 hingga Rp325.000.000, sedaangkan untuk ADD, merupakan kewenangan pemerintah pusat dengan besaran sekitar Rp150.000.000 hingga Rp500.000.000 dari dana perimbangan yang 10 persenya akan diberikan desa.

“Masing-masing desa besarannya berbeda, jumlahnya disesuaikan dengan laporan APBDes dimasing-masing desa,”  imbuh Teguh. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban