Ajarkan Siswa Manfaatkan Sampah

image
Para pelanar tengah belajar memanfaatkan sampah untuk.kerjainan yang bernilai ekonomis

kotatuban.com-Ajarkan cinta lingkungan sejak dini kepada siswa Sekolah Dasar (SD),  pelopor Bank Sampah di Kelurahan Sukolilo, Tuban, ajak siswa membuat barang-barang berguna dari bahan baku sampah kertas atau koran bekas. Selain bermanfaat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih,  pengolahan sampah menjadi bahan-bahan berguna juga memliki nilai seni yang mampu mengembangkan kreatifitas anak.

“Selain masyarakat sekitar,  kami juga menyasar pelajar-pelajar sekolah dasar untuk diajak cinta lingkungan, salah satunya dengan memanfaatkan limbah kertas yang sering mereka jumpai untuk dimanfaatkan tidak dibuang,”ujar Pelopor Bank Sampah, Kelurahan Sukolilo, Tuban, Susan, Rabu (13/01).

Menurut Susan, mengajak siswa sekolah dasar atau anak-anak untuk cinta lingkungan adalah infestasi lingkungan yang tidak ternilai harganya. Sebab dengan mengajarkan sejak diini kepada anak akan membawa kebiasaan baik itu hingga dewasa nanti.

“Anak-anak adalah generasi penerus kita, jika kita ajarkan kepada mereka cinta lingkungan maka keberlangsungan lingkungan hidup kita ini akan senantiasa terjaga,” terang Susan.

Saat kotatuban.com menyambangi lokasi bank sampah yang dikelola Susan. Sekelomok anak tengah asik menggunung kertas bekas dan korab bekas yang akan dianyam menjadi aneka bentuk kerajinan, diantaranya, fas bunga, tempat pensil dan tempat tisu.

“Kita ajarkan untuk membuat bentuk sederhada dahulu,  seperti bentuk kotak tisu dan fas bunga atau tempat pensil,” terang Susan. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban