Aliansi Karangtaruna Ring 1 SI, Gruduk Gedung Dewan

image
Alisiansi Karangtaruna saat unjurasa di gedung DPRD Tuban

kotatuban.com – Sedikitnya 100 pemuda yang tergabung dalam Aliansi Karangtaruna Ring Satu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melakukan aksi demostrasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Kamis (08/10). 

Aliansi Karangtaruna merupakan gabungan dari 10 desa ring satu PT SI, yakni Desa Sumberarum, Karanglo, Tlogowaru, Temandang, Tobo, Sugihan, Pompongan, Karangasem, Mliwang, dan Sembungrejo. 10 desa tersebut berasal dari tiga kecamatan, yakni Merakurak, Kerek, dan Jenu.

”Kami ke kantor dewan ini ingin mengadukan PT Kanitra Mitra Jayautama yang telah melakukan tindakan sewenang-wenang kepada masyarakat, terutama warga ring satu,” ungkap, koordinator aksi Duraji, usai demo.

Menurutnya, aksi pemuda ring satu tersebut bermula dari rekrutmen yang dilakukan oleh PT Kanitra Mitra Jayautama pada 17 September 2015 lalu. PT Kanitra tersebut melakukan rekrutmen masyarakat ring satu SI untuk dipekerjakan di PT United Tractors Semen Gresik (UTSG). Namun, di tengah jalan PT Kanitra membatalkan rekrutmen karyawan tersebut.

”Kami tidak tahu kenapa tiba-tiba PT Kanitra membatalkan sepihak rekrutmen karyawan itu. Padahal, sebelumnya perusahaan berjanji akan mengutamakan warga ring satu SI,” tandasnya.

Saat berada di gedung dewan, para pemuda karangtaruna tersebut ditemui Wakil Ketua DPRD Tuban Rudi Hariyanto, dan anggota dewan Karjo. Rudi berjanji akan segera memanggil baik PT UTSG maupun PT Kanitra untuk melakukan konfirmasi terkait tuntutan masyarakat tersebut.

”Kita akan memfasilitasi antara masyarakat dengan perusahaan. Sehingga, akan ada titik temu antara keduanya. Dan keinginan masyarakat bisa diakomodir oleh perusahaan,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban