Anggota Komisu IV  DPR RI Pelopori Gemarikan di Tuban

kotatuban.com – Anggota Komisi IV DPR RI, Farida Hidayati terus mempelopori Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)  di Tuban. Bersama Pemkab Tuban dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menggelar safari Gemarikan secara simbolis di gedung Korpri Komplek

“Secara simbolis kami mengundang ibu PKK untuk mengajak  dan menjalankan program gemarikan. Tujuannya, agar konsumsi ikan di masyarakat Tuban meningkat,” ujar Farida Hidayati anggota

Anggota DPR RI dari FKB itu mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan. Sebab, gizi yang terkandung dalam daging ikan sangat lengkap. Jika konsumsi ikan ditingkatkan maka bisa mencerdaskan otak, badan sehat, kuat dan cerdas.

“Konsumsi ikan bisa berbetuk ikan segar maupun berbagai olahan. Bila sudah dikemas dan dijadikan bahan olahan, maka bisa meningkatkan penggerak UMKM di Tuban,” ujar Farida begitu disapa.

Ia menambahkan, pada musim pandemi covid-19 ini masyarakat perlu rajin mengkonsumsi ikan. Dengan gizi yang lengkap maka membuat anak-anak menjadi generasi emas.

“Kami juga sudah mengusulkan, agar program BPNT ini lauk pauknya ditambahi dengan ikan. Selain menambah gizi keluarga, UMKM perikanan juga mendapatkan berkahnya,” timpalnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pamuji Lestari mengungkapkan, saat ini konsumsi ikan di Kabupaten Tuban cukup bagus. Namun, ke depannya gemarikan ini terus ditingkatkan. Harapannya, agar masyarakat Tuban selaku sehat dan kuar serta cerdas.

“Karena Tuban termasuk wilayah penghasil ikan, sebaiknya harus dibuat sentra pengelolaan ikan. Bisa dikemas atau dibuat yang lain dan yang penting higeinis,” pintanya.

Ditempat yang sama, Bupati Tuban, H Fathul Huda yang hadir diacara Safari Gemarikan memberikan, apresiasi kepada Abggota DPR RI, Farida Hidayati. Bupati berharap, dukungan dari pemerintah pusat agar pengelolaan ikan di Tuban bisa maksimal.

“Ini sangat luar biasa, semoga ada program-program lain yang mendukung untuk meningkat konsumsi ikan pada masyarakat Tuban,” bebernya

Ditambahkan, tingkat konsumsi ikan di tuban baru 37,80 per tahun. Ini ke depan harus terus diupayakan peningkatannya, termasuk sosialisasinya. (ims)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban