Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Kepala Dinas Kesehatan Tuban,  Saiful Hadi
Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi

kotatuban.com-Angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di Kabupaten Tuban tahun 2014 menunjukan tren turun. Namun demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mencatat kasus kematian ibu dan bayi baru melahirkan masih tergolong tinggi.

“Trenya memang turun, data tahun lalu turun dibanding tahun sebelumnya, namun, angka ini masih cukup tinggi,” ujar Dr Saiful.

Data Dinas Kesehatan Tuban menyebut, angka kematian ibu dan bayi baru lahir pada tahun 2011 memcapai 169 bayi dan 18 ibu, tahun 2012 ada 155 bayi dan 24 ibu, selanjutnya tahun 2013 sebanyak 171 bayi dan 12 ibu, tahun berikutnya 2014 ada 186 bayi dan kematian ibu menurun menjadi 10 orang.

“Memasuki tahun 2015 sampai bulan Juli ada 80 bayi dan 8 ibu melahirkan yang meninggal. Jangan sampai jumlah itu bertambah lagi. Karenanya kami mengupayakam dengan kesadaran bersama untuk mengetahui penanganan dan bagaimana mencegah agar itu tidak terjadi, karena kita hanya bisa mengupayakan,” terang Saiful.

Memurut Saiful ada beberapa penyebab kematian ibu dan bayi, penyebab paling banyak adalah pendarahan, keracunan melahirkan atau tekanan darah tinggi dan penyakit jantung bagi ibu, dan kurangnya asupan gizi bagi bayi.

“Faktor – faktor inilah yang harus diketahui, tidak hanya ibu hamil namun juga seluruh elemen masyarakat dan lingkungan agar saat menemukan hal seperti itu dapat ditangani dengan cepat,” kata dr Saiful. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban