Ansor Tuban Apresiasi Penetapan Hari Santri

image
Ketua Ansor Tuban, Syafiq Syauqi

kotatuban.com – Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Tuban mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla (Jokowi – JK) yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Ketua Pengurus Cabang (PC) GP Ansor Tuban, Syafiq Syauqi, menyatakan, hari santri merupakan bentuk pengakuan negara atas peranan ulama dan santri di masa perjuangan kemerdekaan. Ketika krisis kewibawaan melanda bangsa Indonesia, KH Hasyim Asyhari, yang tak lain adalah pendiri NU mengumandangkan resolusi jihad.

Seruan resolusi jihad mengobarkan semangat perlawanan kaum santri dan ulama kepada penjajah yang kemudian merembet ke hampir semua elemen bangsa.

”Ini saatnya Resolusi Jihad yang pernah dikumandangkan KH Hasyim Asyhari disemaikan kembali ke generasi muda,” terang Syafiq Syauqi, Senin (19/10).

Ditambahkan, dipilihnya tanggal 22 Oktober sebagai hari santri, karena saat itu para santri mempertahankan kemerdekaan di Surabaya, dengan melawan pasukan Netherlands Indies Civil Administration (NICA) di Surabaya.

”Pada saat itu korbannya 22 ribu orang santri, dan alhamdulillah berhasil (mengusir NICA). Makanya, sudah tepat jika hari santeri itu ditetapkan tanggal 22 Oktober,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban