ASN Tidak Boleh Gaptek

kotatuban.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memahami teknologi yang ada saat ini, dan tidak boleh gagap teknologi (Gaptek). Pasalnya, saat ini teknologi sebagai salah satu perangkat dalam menjalankan tugas.

Hal tersebut disampaikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, saat membuka pelatihan komputer tingkat dasar untuk lingkungan Pemkab Tuban, di ruang rapat Lantai 1 Setda Tuban, Selasa (08/05).

Kegiatan ini dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia untuk peningkatan kualitas kinerja bagi PNS. Pasalnya, saat ini terjadi keterbatasan ASN, karena hampir setiap bulan ada yang purna tugas. Hal itu berdampak banyaknya pekerjaan yang terbengkalai.

”Kalau dulu satu kegiatan bisa dikerjakan oleh lebih dari dua orang, namun dengan berkurangnya ASN otomatis pekerjaan yang dulunya bisa dikerjakan oleh dua atau tiga orang sekarang hanya dikerjakan oleh satu orang,” ungkap Budi Wiyana.

Pelaksanaan pelatihan komputer yang selama ini sangat diharapkan telah terealisasi. Saat ini banyak aplikasi yang digunakan sangat urgent dalam aktifitas pekerjaan.

”Apa jadinya apabila ASN tidak bisa mengoperasikan komputer, dinamika Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin berkembang banyak hal-hal yang mengharuskan menggunakan teknologi,” katanya.

Dia berharap, ASN dapat menjalankan semua aplikasi yang ada. Setelah pelatihan dilaksanakan, BKD sebagai kordinator tetap melakukan monitoring. ”Harus tahu apa saja kelemahan dari masing-masing ASN di OPD untuk upaya pengembangan. Selain itu perlu adanya monitoring evaluasi dari BKD untuk para alumni pelatihan. Para alumni agar diberikan tugas-tugas terkait pengembangan setelah pelatihan dasar. Takutnya apabila sudah kembali ke OPD, ilmunya tidak digunakan,” tuturnya.

Pada kesempatan sama Kabid Diklat Pegawai BKD Tuban, Singgih Sunyoto, menyatakan, pelatihan komputer tingkat dasar ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan sikap PNS secara profesional. Dilandasi kepribadian, dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan satuan kerja perangkat daerah.

”Tujuan diadakannya pelatihan komputer guna untuk menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir bagi PNS di lingkungan Pemkab Tuban dalam melaksanakan tugas perkantoran yang lebih baik dan profesional,” ujarnya.

Pelatihan dilaksanakan selama lima hari efektif mulai tanggal 7 Mei 2018 yang bertempat di Laboratorium Komputer SMKN 1 Tuban. Acara itu diikuti 30 orang PNS yang bertugas di lingkungan Pemkab Tuban. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban