Awas, Bencana Banjir Intai Tuban Sampai Maret

image
Banjir bandang selalu melanda Tuban

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau kepada masyarakat Tuban untuk waspada terhadap bencana banjir. Terutama untuk daerah yang rawan banjir seperti wilayah Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang, Widang, Merakurak, dan Kecamatan Kerek.

”Bencana banjir ini masih menghantui dibeberapa wilayah di Kabupaten Tuban. Karena sesuai dengan perkiraan cuaca oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan terjadi di wilayah Tuban sampai dengan bulan Maret mendatang,” terang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono, kepada kotatuban.com, Selasa (17/02).

Mantan Camat Grabakan tersebut mengatakan, banjir yang melanda wilayah Tuban tidak hanya terjadi karena hujan lokal saja. Namun, juga tidak menutup kemungkinan banjir yang melanda wilayah Tuban disebabkan air kiriman dari wilayah hulu.

”Contohnya pada banjir yang melanda dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Merakurak beberapa waktu yang lalu, itu di Merakurak sendiri tidak ada hujan,” ujar Joko mencontohkan.

Sehingga, lanjut Joko, semua masyarakat diharapkan selalu waspada untuk menghadapi bencana alam yang ada. Selain itu, juga turut serta menjaga kelestarian alam untuk meminimalisir bencana alam.

”Disadari atau tidak bencana alam yang terjadi saat ini tidak luput dari campur tangan manusia itu sendiri,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban