Awas! Uang Palsu

image
Hati-hati saat transaksi

kotatuban.com-Kapolres Tuban  AKBP Guruh Arif Darmawan menghimbau masyarakat mewaspadai peredaran uang palsu (Upal) selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri mendatang. Tingginya peredaran uang di masa Ramadan higga Idul Fitri ditengarai cukup berpotensi masuknya uang palsu yang sengaja diedarkan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

“Perputaran (peredaran) uang selama Ramadan hingga Idul Fitri cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan saat ini banyak oknum yang memanfaatkan moment tersebut  untuk membuat dan menyebar uang palsu di Tuban,” himbau Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan, Senin (29/6).

Untuk itu, kata Kapolres Tuban, selain melakukan antisipasi pihaknya juga memberikan peringatan kepada warga dan pedagang untuk lebih teliti saat menerima uang dari berbagai transaksi agar terhindar dari aksi curang oknum pengedar uang palsu. Sebenarnya, untuk membedakan uang yang asli dan palsu bisa melihat dengan kasat mata dan merabanya, seperti info layanan masyarakat yang selama ini sering disampaikan.

 “Jangan lupa untuk teliti dalam setiap transaksi, periksa uang sebelum beranjak dari lokas transaksi, biasanya uang palsu lebih halus dan mudah rusak serta tintanya mudah luntur,” ungkap Kapolres Tuban.

Selain itu, kapolres menyampaikan masyarakat atau nasabah bank yang akan melakukan penarikan uang tunai juga di himbau untuk berhati-hati. Petugas kepolisian siap mengawal kepada masyarakat yang ingin mengambil uang tunai dengan nominal berapapun jika diperlukan.

 “Tidak hanya peredaran uang palsu, antisipasi terhadap tindak kejahatan juga akan kami lakukan. Anggota kami siap mengatar nasabah saat mengambil uang di bank hingga rumah, dan tidak ada biayaya untuk itu,” tegas AKBP Guruh. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban