Balap Liar, Puluhan Motor Diamankan Polisi

Kotatuban.com – Puluhan personel patroli gabungan dari satuan Intelkam, Reskrim, Samapta dan Satuan Lalulintas Polres Tuban melakukan pembubaran aksi balap liar di jalan Soekarno-Hatta Tuban, Minggu (13/6/2021) dini hari.

Kegiatan pembubaran tersebut menindaklanjuti kejadian tawuran ditempat yang sama yang terjadi  pada Sabtu (12/6/2021) dini hari. Dalam video yang sempat viral di media sosial tampak ratusan pemuda sedang berkerumunan tanpa memperhatikan protokol kesehatan  berlanjut dengan saling adu jotos diduga disebabkan oleh aksi balap liar.

Selain melakukan pembubaran kerumunan balap liar, Polres Tuban juga mengamankan 44 orang dilokasi yang diduga akan melakukan aksi balap liar serta 29 unit motor yang mereka gunakan. Selanjutnya Ke 44 orang tersebut beserta motor yang digunakan dibawa ke Polres Tuban untuk dilakukan pendataan serta akan dipulangkan setelah orang tua yang bersangkutan datang menjemput ke Polres Tuban.

Kepala Bagian Operasional Polres Tuban Kompol Budi Santoso, yang memimpin kegiatan mengatakan bahwa pihaknya sudah sering melakukan penertiban terhadap aksi balap liar tersebut. “Kita sudah sering melakukan penertiban aksi balap liar ini, karena selain mengganggu juga membahayakan, namun seakan mereka belum jera,” ujar Kompol Budi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Adhi Makayasa, membenarkan ada puluhan orang yang diamankan dalam aksi balap liar tersebut. “Iya, kita amankan 44 orang yang ada dilokasi beserta 29 unit kendaraan roda dua yang gunakan,” ungkap AKP Adhi Makayasa.

Menurutnya, ke 44 orang yang diamankan petugas akan didata identitasnya. Selanjutnya akan dipanggil orang tuanya ke Polres untuk menjemput yang bersangkutan. Selain itu, yang bersangkutan juga diminta untuk membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya yang disaksikan oleh orang tua yang bersangkutan bersama kepala desa.

“Untuk kendaraan yang tidak ada  kelengkapan surat-surat kita serahkan kepada lalulintas untuk dilakukan penindakan dengan tilang, untuk kendaraan yang tidak sesuai standar kita minta untuk dilengkapi sesuai standarnya,” terang Adhi Makayasa.

Terpisah, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, menjelaskan jajarannya sudah sering menertibkan aksi balap liar tersebut dan tak jarang para pelaku juga diamankan di Polres Tuban.

“Aksi balap liar ini sdh sangat meresahkan, dan membahayakan baik bagi pelaku maupun masyarakat penonton terlebih para pengguna jalan. Sehingga kita pasti tertibkan untuk memberikan efek jera,” ucapnya

Tidak hanya itu, Perwira yang beberapa hari lagi akan melepas jabatannya sebagai Kapolres Tuban itu juga mengintruksikan kepada Kapolsek jajaran yang wilayahnya sering dijadikan kegiatan serupa untuk menindak tegas pelakunya.

“Kita sudah perintahkan kepada Kapolsek jajaran yang wilayahnya sering dijadikan ajang balap liar untuk melakukan hal sama, ya supaya mereka tidak melakukan balap liar lagi,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban