Baliho Balon Bupati Mulai Bermunculan

image
Baliho bertebaran

kotatuban.com-Sejumlah baliho berukuran besar yang berisi foto tokoh mulai bermunculan menghiasi sejumlah tempat di Kabupaten Tuban. Kendati tidak secara trang-terangan menuliskan calon yang akan maju dalam pertarungan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban Desember mendatang, tulisan yang ada menunjukan jargon-jargon layaknya Bakal Calon (Balon) bupati atau wakil bupati.

Baliho berukuran besar tersebut seperti terlihat di pertigaan Kecamatan Merakurak menuju Kecamatan Kerek, Jalan Tuban Merakurak, Desa Mandirejo, dan di Kecamatan Kerek jalan menuju Kecamatan Montong.  

Komisioner Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban Divisi Hukum Pengawasan dan Sumber Daya manusia Fathul Ihsan mengatakan, secara aturan, Pemasangan Alat Peraga kampanye (APK) memang belum waktunya. Sebab, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati juga baru dibuka pada Juli 2015 mendatang.

“Kita belum mengetahui hal itu, akan kita coba cek lokasi. Secara peraturan memang belum waktunya, karena pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati juga belum dibuka,” kata Fathul Ihsan, Sabtu (25/4).

Menurut Fathul, jika memang pemasangan itu dianggap melanggar maka lebih tepat adalah pelanggaran keindahan tata kota yang porsi pengawasanya ada di Kesbangpollinmas atau Satpol PP. Apalagi keberadaan baliho juga belum jelas mengarah kepada rencana pencalonan.

“Kalau soal melanggar, KPU sendiri juga belum sampai ke tahapan itu, ini lebih pada pelanggaran Perda,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatan, saat ini KPUD Tuban baru memulai tahapan  pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang masih dalam proses pendaftaran.

“Tahapan baru saja kita mulai, ini sedang penjaringan PPK dan PPS, setelah inipun jika memang ada bakal calon. independen (Perseorangan) baru proses penyerahan dukungan,” katanya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban