Banjir Bandang Jadi Ancaman Bencana di Tuban

image
Bupat Fathul Huda

kotatuban.com – Wilayah Kabupaten Tuban saat ini tidak hanya mewaspada bencana banjir yang disebabkan meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengan Solo. Namun, belakangan ini Kabupaten Tuban juga mewaspadai seringnya banjir bandang yang terjadi dibeberapa wilayah Tuban.

”Kalau dulu banjir yang terjadi di Kabupaten Tuban karena disebabkan oleh meluapnya Bengawan Solo saja. Sehingga, yang terkena banjir ya daerah yang berada dialiran. Seperti wilayah Soko, Rengel, Plumpang, dan Widang,” terang, Bupati Tuban, Fathul Huda kepada kotatuban.combeberapa waktu yang lalu.

Namun, lanjut Bupati Huda, untuk saat ini ancaman benca alam yang tak kalah seriusnya dengan luapan Bengawan Solo adalah banjir bandang.

”Sekarang banjir bandang ini juga ancaman bencana yang cukup serius. Kita juga sedang mencari solusi untuk penanganan banjir bandang ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (07/03)  mengungkapkan, untuk yang banjir bandang yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban ini menerjang beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Merakurak, Semanding, Grabakan, Tuban, dan Kecamatan Montong.

”Jika wilayah Grabakan terjadi hujan deras sekitar dua jam saja, pasti di daerah lain yang lebih rendah pasti terjadi banjir bandang. Dari hasil pengamatan kita memang banjir bandang yang terjadi dibeberapa wilayah berasal dari Grabakan,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk menghindari banjir bandang ini yang sering terjadi dibeberapa wilayah di Tuban ini intinya berada di Kecamatan Grabakan. Salah satunya, dengan normalisasi drainase atau saluran air yang ada di Grabakan. Selain itu, juga melakukan langkah-lngkah pencegahan untuk mengurangi banjir bandang.

”Untuk mengurangi banjir bandang bisa penghijauan, pembuatan waduk atau tampungan air agar tidak bergerak kedaerah lain,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban