Banjir , Hujan dan Angin Masih Menghantui Tuban

Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono

kotatuban.com-Musim kemarau hampir tiba, namun hujan lebat diprediksi masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Tuban, hingga minggu keempat bulan ini. Sesuai laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang  diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban,  hujan yang disertai petir dan angin masih berpotensi dibeberapa wilayah terutama di kawasan perbukitan kapur.

“Sesuai edaran yang kami terima dari BMKG, hujan masih akan terjadi hingga minggu keempat, kemungkinan banjir juga masih ada” ujar Kepala BPBD Joko Ludiono.

Joko menjelaskan perubahan musim dan cuaca yang terjadi dalam peralihan hujan ke musim kemarau akan membawa dampak dari udara yang lembap ke panas. hal itu memungkinkan adanya penguapan hingga menimbulkan hujan.

“Dari udara yang lembab kemudian kepanas masih akan terjadi penguapan yang akhirnya menimbulkan hujan,. Karena perbedaan suhu ini lah yang akan memunculkan berbagai gejala alam seperti angin dan petir,” terang Joko.

Ditambahkan Joko, situasi saat ini masih dalam masa transisi dimana cuaca masih tidak menentu, terkadang panas menyengat kemudian hujan tiba-tiba juga masih terjadi. Peluang hujan itu juga berpotensi angin kencang dan petir.

“Untuk itu masyarakat dihimbau tetap waspada, jangan beraktifitas di luar rumah saat terjadi hujan” imbau Joko (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban