Bantu Kerabat Purnawirawan TNI Malah Kehilangan Rumah

 

Juru sita dari PN Tuban memberikan penjelasan sebelum lakukan penyitaan
Juru sita dari PN Tuban memberikan penjelasan sebelum lakukan penyitaan

kotatuban.com – Nasib sial menimpa Sudijono dan keluarganya. Betapa tidak dia yang hanya pernsiunan Tentara Negera Indonesia (TNI) warga RT 01 RW 04 Dusun Parengan, Desa Jatisari, Kecamatan Plumpang harus kehilangan rumah satu-satunya yang dimilikinya gara-gara menolong kerbatnya..

Sudijono menjaminkan sertifikat tanah dan rumah miliknya di bank. Dia nekad pinjam di bank pada 2012 lalu itu untuk menolong kerabatnya yang membutuhkan uang Sayangnya, kerbatnyan yang dipinjamkan uang di bank itu tidak bertanggungjawab, sehingga utang itu tidak lunas hingga akhir masa pinjaman. Akhirnya, tanah dan rumah yang dijadikan jaminan di bank itu disita pihak bank untuk melunasi utangnya.

”Cerita awal Bapak Sudijono menjaminkan sertifikat tanah dan rumah ini di BTPN Babat, tetapi uangnya itu dipakai oleh salah satu familinya,” kata Kepala Desa (Kades) Jatisari, Solikin, kepada kotatuban.com di lokasi eksekusi, Kamis (03/09).

Perjanjian awal, uang pinjaman dengan jaminan tanah dan rumah milik Sudijono dengan nilai 101 juta ini akan dibayar Kifni, yang tak lain adalah famili Sudijono yang memakai uang tersebut. Tetapi angsuran cicilan pinjaman justru macet dan tidak dibayar oleh Kifni.

”Pak Kifni ini justru lari dari tanggung jawab, dan tidak membayar cicilan pinjaman di Bank itu, padahal yang memakai uang itu dia,” terang Solikin.

Menurutnya, karena lama tidak dicicil, pihak bank pun beberapa kali melayangkan surat tagihan beberapa kali dan masih tidak dibayar oleh Kifni. Hingga Sudijono terpaksa menanggung angsuran tersebut selama beberapa kali.

”Tapi akhirnya pak Sudijono tidak kuat membayar angsuran tersebut, hingga akhirnya rumah ini dilelang oleh Bank,” ungkapnya.

Lantaran merasa tidak ada jalan keluar, Sudijono, terpaksa merelakan rumah satu-satunya dieksekusi. Sekarang purnawirawan TNI ini harus tinggal di rumah kontrakan yang berada di Kelurahan Doromukti, Kecamatan Tuban.

”Sekarang orangnya kontrak Mas, memang kasihan karena tidak rumah lagi. Sebenarnya Pak Sudijono ini adalah korban juga,” pungkas Solikin. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban