Baru Diperbaiki Tanggul Penahan Air di Desa Karanglo Jebol Lagi

image
Baru diperbaiki jebol lagi

kotatuban.com-Tanggul penahan aliran air yang ada di sisi selatan embung Desa, Karanglo, Kecamatan Kerek ambrol. Akibatnya, membanjiri ladang jagung yang baru dtanam oleh pemiiknya. Padahal pembangunan taggul tersebut baru dilakukan pada musim panas lalu. Pada musim hujan tahun sebelumnya juga jebol dan membuat aliran sungai melintas di tengah lahan pertanian wilayah itu.

“Sudah jebol kemarin mas, waktu hujan deras, padahal tanggul itu belum lama dibangun,” kata Sofa, warga yang ada dilokasi, Selasa (08/12).
 
Jebolnya tanggul yang baru dibangun itu diduuga karena kualitas pembangununannya asal-asalan. Apalagi, aliran air saluran dekat embung yang berasal dari Desa Padasan dan sekitarnya  itu cukup deras.

“Ini hanya ditutup bekas jebolannya saja, sedangkan sisi kiri dan kananya tidak diperkuat.  Makanya jebol lagi, dampaknya ini lebih parah dari sebelumnya,” terang Sofa.      

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umuam (DInas PU) Kabupaten Tuban, Choliq Chunaisih,  saat dikonfirmasi mengatakan, akan melakukan tinjauan lokasi tanggul jebol di Desa Karanglo. Pijaknya juga akan memanggil rekanan pelaksana proyek tersebut untuk diperbaiki karena masih dalam masa perawatan

“Kami aka tinjau lokasi, dan memanggil pelaksana proyek untuk diperbaiki. Pembangunan tanggul itu dilaksanakan antara Oktober hingga November, jadi masih dalam masa perawatan,” terang Choliq.

Namun,  pihaknya akan memastikan dahulu penyebab kerusakan, dan jika diperlukan  akan libatkan tim penilai sebelum dilakukan perbaikan. Sebab, jika kerusakan masuk dalam kategori bencana alam, penanganan tanggul juga akan masuk ranah penanganan bencana.

“Itu masuk kategori bencana alam atau tidak kita lihat dahulu dan akan kami libatkan tim penilai  jika perlu.  Kalau ditetapkan bencana oleh tim penilai maka penanganannya adalah penanganan bencana.Namun, jika tidak tetap harus diperbaiki oleh pelaksana proyek,” tegas Choliq. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban