Belajar Berwirausaha Berkat Bantuan CSR SIG Pabrik Tuban

Kotatuban.com – Keberadaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) di Kabupaten Tuban dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama yang berada disekitar wilayah pengembangan perusahaan. Salah satunya ada Rumadi Prasojo ketua Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) KUB Bina Usaha Dusun Koro, Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak beserta anggotanya.

Rumadi Prasojo mengatakan, OMS yang dipimpinnya bergerak dalam peternakan bebek petelur. Dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Indonesia tahun 2020 tersebut kelompoknya mendapat bantuan 150 ekor bebek, kandang, beserta biaya operasional.

“Alhamdulillah saat ini sudah mulai bertelur rata-rata perhari 135 butir. Dan harganya perbutir Rp 1.850 dalam kondisi mentah. Jika dibuat telur asin bisa Rp 2.500 perbutirnya,” terang Rumadi, pada monitoring program pemberdayaan dari Semen Indonesia, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, dengan kegiatan perusahaan tersebut kelompoknya yang terdiri dari pemuda-pemuda Dusun Koro tersebut bisa belajar cara berternak bebek. “Yang terpenting kita bisa belajar berwirausaha dengan adanya kegiatan dari Semen Indonesia ini,” tandasnya.

Sementara itu, Community Development officer SIG Pabrik Tuban, Siswanto, menegaskan bahwa agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban ini merupakan momentum yang baik untuk bersama-sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

“Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai RP 7,1 M,” ujarnya.

Menurutnya, proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80%, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11%, berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6% dan 4% di tema karitatif.

“Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat, tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran,” kata Siswanto.

Lebih lanjut, Siswanto mengatakan, kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan Semen Indonesia  Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar.

“Semoga kedepan kita mampu lebih baik lagi dalam berbuat yang bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Koordinator  Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Barokah, Desa Pongpongan, M Arifin mengatakan pada tahun 2020 program pemberdayaan masyarakat dari Semen Indonesia untuk wilayah Desa Pongpongan ada 22 Organisasi Masyarakat Setempat (OMS). Dan berbagai kegiatan pemberdayaan dilakukan masyarakat antara lain ternak kambing, bebek, jahit, ayam petelur, dan berbagai pemberdayaan lainnya.

“Kita berharap usaha-usaha yang dilakukan masyarakat ini dapat berkembang lebih baik. Sehingga mampu  menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat,” pungkasnya. (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban