BPBD Himbau Masyarakat Lebih Waspada

Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono
Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Pasalnya, dalam beberapa hari ke depan wilayah Tuban berpotensi hujan. Mulai hujan dengan intensitas sedang sampai dengan hujan intensitas tinggi.

Hal tersebut sesuai dengan perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Surabaya.

”Dalam beberapa hari kedepan di wilayah Kabupaten Tuban berpotensi turun hujan beritensitas sedang sampai intensitas tinggi. Dan masyarakat dihimbau untuk waspada,” terang, Sekretaris BPBD Tuban kepada kotatuban.com, Kamis (03/03).

Menurutnya, potensi terjadi hujan lebat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain masih aktifnya aliran massa udara dingin dari bagian utara atau monsoon dingin Asia dan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Selatan Jawa. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan massa air udara. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya hujan.

”Dengan terjadinya potensi hujan ini kita harapkan masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan. Terutama untuk daerah yang rawan bencana. Seperti tanah longsor dan banjir,” kata pria yang juga menjabat sebagai Plt Ketua BPBD Tuban tersebut.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, di wilayah Tuban bencana alam yang harus diwaspadai selain tanah longsor dan banjir, juga harus waspada puting beliung dan pohon tumbang.

”Semoga bencana tersebut tidak terjadi di wilayah Kabupaten Tuban,tapi, masyarakat harus tetap waspada, sehingga jika terjadi bencana tidak menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban