BPBD Himbau Nelayan Tak Melaut

image
Gelombang laut Jawa masih tinggi

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau para nelayan utamanya yang menggunakan perahu kecil untuk tidak melaut dulu. Pasalnya, saat ini gelombang Laut Utara Jawa sedang tinggi.

”Sebaiknya para nelayan terutama yang menggunakan perahu kecil untuk tidak melaut dulu. Karena gelombang air laut sedang tinggi,” terang, Sekretaris BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono, kepada kotatuban.com, Selasa (14/06).

Menurutnya, untuk perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, pada 14-15 Juni sebagian wilayah Kabupaten Tuban akan dilanda hujan ringan. Dengan suhu 26-33 derajat celsius, dan kelembaban udara mencapai 60-91 persen. Sedangkan, kecepatan angin mencapai 30 kilometer perjam, dengan arah angin ke timur.

”Berdasarkan perkiraan cuaca itu, gelombang air laut masih tinggi dalam dua hari kedepan. Selain itu, masih berbahaya untuk nelayan yang menggunakan perahu kecil,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala BPBD Tuban tersebut.

Pengakuan nelayan, gelombang air laut ditengah bisa mencapai empat sampai lima meter. Sehingga, para nelayan tidak berani mencari ikan sampai ketengah laut. Selama ombak besar para nelayan hanya mencari ikan dipinggiran laut.

”Sekarang angin timur, di tengah laut gelombangnya sangat tinggi dan rentan menerjang perahu. Sehingga, para nelayan tidak berani melaut,” terang, Dodok (40), salah satu nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban