BPBD Himbau Warga Waspada Bencana Kekeringan

Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono
Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono

kotatuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau masyarakat untuk mewaspadai datangnya musim kemarau pada tahun ini. Diperkirakan pada bulan ini wilayah Kabupaten Tuban telah memasuki musim kemarau.

”Sesuai dengan perkiraan cuaca dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa wilayah Jawa Timur sebagian besar telah memasuki musim kemarau, termasuk Tuban,” terang, Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi kotatuban.com, Rabu (24/06).

Mantan Camat Grabakan tersebut mengatakan, bahwa pihaknya telah menyebarluaskan informasi tentang ancaman bencana kekeringan kepada semua camat se Kabupaten Tuban. Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada kecamatan-kecamatan yang terdampak bencana kekeringan pada tahun kemarin untuk selalu waspada.

”Kita juga telah menghimbau kepada camat yang wilayahnya menjadi langganan bencana kekeringan untuk selalu waspada dan segera melaporkan kepada kita jika ada kekeringan diwilayahnya. Namun, sampai saat ini belum ada camat yang melaporkan adanya bencana kekeringan,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Joko Ludiono mengatakan, pihaknya juga telah menyusun peta-peta rawan bencana kekeringan di wilayah Kabupaten Tuban. Selain itu, juga telah menyiapkan strategi-strategi untuk penanggulangan bencana, khususnya kekeringan.

”Kita juga telah menyiapkan tangki-tangki air untuk droping jika sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat yang terkena bencana kekeringan,” pungkasnya. (duc) 

 

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban