BPBD Tinjau Tanggul Longsor Widang

image
Tim BPBD Tuban bersama Muspika Widang saat meninjau retaknya tanggul di Widang

kotatuban.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban meninjau lokasi retakan tanggul utama Bengawan Solo di Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang Kabupten Tuban bersama  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Solo  untuk memastikan kondisi tanggul bengawan sekaligus melakukan lagkah antisipasi mencegak jebolnya tanggul, Selasa (15/12).

“Setelah mendapatan laporan kami bersama BBWS dan Muspika Widang langsung ke lokasi guna memastikan kondisi tanggul dan lagkah apa yang akan dilakukan,” ujar Kepala BPBD Tuban Joko Ludiono, usai melakukan tinjauan ke lokasi tanggul di lokasi jebolnya tanggul.

Adapun untuk meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi jika sewaktu-waktu debit air sungai Bengawan Solo meningkat, BBWS bersama BPBD akan memasang anyaman bambu atau gedhek untuk mencegah air mengikis tanggul saat posisi air pada siaga dua.

“Kami akan memasang penguat daturat berupa gedhek ditanggul yang retak itu” terang Joko.

Selain melakukan langkah antisipasi darurat, Joko pemgaku kerusakan tanggul sudah dilaporkan untuk perbaikan tanggul tahun 2016 mendatang.

“Selain penanganan darurat, berikutnya juga diajukan perbaikan tanggul permanen di tahu 2016,” imbuh Joko.

Diberitakan sebelumnya, tanggul di Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang sejak sepekan terakhir mengalami retak sepanjang kurang lebih 8 meter pada dinding utama tanggul, dan longsor bagian dalam tanggulnya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban