BPBD Sediakan Toilet Emergency Korban Bencana

Toilet yang diperuntukkan korban bencana
Toilet yang diperuntukkan korban bencana

kotatuban.com – Badan Penaggulangann Bencana Daerah (BPBD) Tuban menyediakan satu paket toilet portable atau toilet emergency. Rencananya, toilet portable akan digunakan ketika terjadi bencana alam di Kabupaten Tuban.

”Toilet portable tersebut lebih efisien dan efektif untuk digunakan di daerah yang terkena bencana. Kegunaan untuk memfasilitasi para pengungsi. Dijamin aman untuk pengungsi,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono kepada kotatuban.com, Rabu (09/09).

Menurutnya, penambahan peralatan untuk buang air besar tersebut digunakan ini untuk mencukupi kebutuhan para pengungsi. Sebab, saat kejadian bencana yang terjadi di Tuban sebelumnya, para pengungsi menggunakan jamban darurat dan tidak standar.

”Dengan pengadaan toilet emergency ini, minimal BPBD Tuban memiliki standarisasi kebutuhan untuk masyarakat disaat bencana,” ungkap mantan Camat Grabakan tersebut.

Lebih lanjut Joko mengatakan, toilet portable tersebut memiliki keunggulan, yakni lebih efisien dan bisa ditempatkan segala medan. Selain itu, toilet tersebut bisa diangkat dan bisa dipindahkan ketempat yang satu ketempat yang lainnya.

Sementara itu, Joko menerangkan, hampir semua wilayah di Kabupaten Tuban termasuk dalam katagori rawan bencana. Untuk Tuban didaerah pantura atau sepanjang pantai utara, bahaya yang mengancam yaitu gelombang air laut. Kemudian, daerah pegunungan atau dataran tinggi rawan banjir bandang dan longsor. Selain itu, kecamatan yang berada di daerah aliran bengawan solo bahaya yang mengancam adalah luapan sungai jika terjadi hujan lebat.

”Hampir disemua wilayah Kabupaten Tuban memiliki kerawan bencana,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban