BPS Tuban Bakal Lakukan Pemutakhiran Data Kemiskinan

Bupati Tuban, Fathul Huda
Bupati Tuban, Fathul Huda

kotatuban.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Tuban bakal melaksanakan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015. Pemutakhiran data ini sebagai upaya untuk mempertajam penetapan rumah tangga sasaran program perlindungan sosial yang selama ini mengacu pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011.

Bupati Tuban Fathul Huda dalam sambutannya, Kamis (21/05) meminta kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mendukung terlaksananya PBDT tahun ini. PBDT menjadi bagian penting dalam upaya pengentasan kemiskinan yang ada sekarang ini. Kegiatan PBDT ini bertujuan untuk mendapatkan data yang digunakan untuk sasaran penerima program bantuan sosial nasional.

”PBDT ini berguna untuk program jaminan kesehatan nasional (JKN), program bantuan siswa miskin (BSM), program raksin, simpanan keluarga sejahtera dan program keluarga harapan (PKH). Program-program tersebut tentu akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan PBDT 2015 menjadi era baru dimulainya pembangunan berdasarkan basis data terpadu, satu data untuk semua yang digunakan untuk seluruh program khususnya percepatan penanggulangan kemiskinan. Sehingga dapat memberikan manfaat dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

”Camat harus mendorong pihak desa/kelurahan untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Forum Konsultsi Publik (FKP) dan pendataan rumah tangga sasaran (RTS) yang merupakan kegiatan pokok dari PBDP 2015,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Huda mengatakan, mengingat pentingnya kegiatan PBDT 2015, diharapkan kepada pihak terkait untuk berupaya menghasilkan data yang berkualitas, yaitu basis data terpadu yang mampu menggambarkan kondisi rumah tangga sasaran yang layak untuk dibantu, sehingga polemik di masyarakat dapat dihindari.

”Hasil PBDT 2015 ini diharapkan dapat menyediakan data yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, terutama kondisi masyarakat yang kurang mampu (miskin) sehingga dapat mendukung perencanaan program pengentasan kemiskinan di Indonesia dan khususnya di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban