Buang Puntung Rokok Sembarangan, Kandang Sapi Terbakar

kotatuban.com – Kandang sapi milik Sudirman (37), warga Dusun Tulung, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, terbakar, Rabu (9/10) malam. Kebakaran tersebut diduga berasal dari putung rokok yang dibuang secara sembarangan dekat kandang sapi, dan di kandang tersebut terdapat makanan sapi dari jerami kering yang mudah terbakar.

“Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia,” ungkap Emil Pancoro Plt Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.

Si jago merah yang melalap kandang sapi tersebut terbilang sangat cepat, api terus membesar di dalam kandang sapi lantaran di dalam banyak jerami kering. Mengetahui hal itu, pemilik rumah langsung melepaskan empat ekor sapi yang awalnya terikat di dalam kandang tersebut.

“Empat ekor sapi terlepas, sehingga tidak sampai terbakar,” ungkap Emil.

Selian itu, warga sekitar berusaha memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya agar tidak menjalar ke rumah warga. Namun upayanya belum membuahkan hasil, hingga akhirnya dikerahkan mobil Damkar untuk menjinakkan si jago merah.

 

“Tim Posko BPBD Rengel dan tim Damkar BPBD Tuban serta masyarakat sekitar berhasil memadamkan api tersebut,” ungkap Emil Pancoro.

Lebih lanjut ia mengatakan, satu kandang sapi rusak akibat kebakaran tersebut dan belum diketahui kerugian secara materi karena masih proses pendataan. “Diperkirakan api berasal dari puntung rokok,” pungkasnya. (rto)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban