Bulog Harus Ganti Rastra Tak Berkualitas

image
Sekda Tuban, Budiwiyana

kotatuban.com-Badan Urusan Logistik (Bulog) harus berkomitmen mengganti Beras Sejahtera (Rastra) jika kualitasnya kurang bagus.

“Bulog harus punya komitmen mengganti jika beras yang didistribuasikan itu dipandang terlalu buruk bahkan tidak layak kionsumsi,” ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyna, usai menghadiri rapat evaluasi Rastra 2015, di Pendopo Kabupaten Tuban, Selasa (23/02)

Menurut Budi wiyana, setelah Bulog punya komitmen untuk mangganti, masyarakat juga harus aktif, yakni dengan melaporkan jika menemukan beras dengan kualitas tidak semestinya itu. 

“Kalau hanya mengeluh saja tidak akan diganti, makanya jika ada beras tidak bagus langsung dlaporkan saja agar diganti,” katanya.

Disamping itu, pihak pemerintah juga akan melakukan pengawasan dan mengevaluasi, karena persoalan beras untuk warga miskin yang kini bwrganti menjadi beras sejahtera ini kerap didapatkan dengan kualitas buruk.

“Jangan sampai setelah dikembalikan pun kualitasnya tetap tidak bagus. Jangan setelah beras diganti pengiriman berikutnya sama saja tidak bagus itu yang tidak kita harapkan,” katanya.

Sementara itu, salah satu  kepala desa, Mujami’in mengatakan, yang diberikan kepada masyarakatnya kerap kualitasnya jelek, namun,  masyarakat enggan menukarkan karena proses pengembalian biasanya akan berlangsung lama.

“Mau ditukar bagaimana, prosesnya lama, sampai seminggu, masyarakat kami juga menyadari, jadi kadang tetap diterima saja,” kata Mujami’in yang juga Kades Sumurgung, Kecamatan Tuban.

Dia berharap, jika Bulog memang memiliki komitmen untuk mengganti beras yang berkualitas buruk harus dilakukan lebih cepat. Sehingga  masyarakat tidak bertanya-tanya.

”Kalau memang punya komitmen mengganti jangan lama-lama, soalnya masyarakat itu menunggu, terutama. mereka yang memang membutuhkan,” tandas Mujami’in. (kim)    

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban